Hai Observer, setuju kah dengan pendapat diatas? Saya sih setuju banget, karena memang salon merupakan salah satu hal yang esensial bagi seorang perempuan. Salah satu tante saya, yang hobby travelling, selalu mencoba salon di lokasi yang ia kunjungi. Salah satu teman saya, rela diet supaya bisa nambah budget nyalon. Cukup ekstrem yah contoh-contoh ini. Tapi memang menurut sebuah artikel di Daily Mail (https://www.dailymail.co.uk/femail/article-4633248/How-Money-Women-America-Spend-Hair.html) menyatakan bahwa rata-rata wanita menghabiskan US$ 55,000 atau sekita 800 juta an seumur hidupnya untuk biaya nyalon. Benar atau tidaknya  ya wallahu a’lam. Tapi memang banyak layanan yang bisa kita dapatkan di salon, mulai dari cuci blow, hair styling, creambath, manicure, pedicure, hair coloring dll

unnamed (1)
8c117b2d584909f2031dc2366c6d24a8
salon-design

Artikel ini ternyata mengilhami salah satu teman saya, yang memang memiliki pengalaman di bidang ini. Awalnya adalah ketika saya mengajak dia untuk melihat unit Aleshamilik saya yang terletak di Cluster Vanya BSD City. Awalnya sih saya berniat tinggal di situ, tapi karena satu dan lain hal niat tersebut terpaksa saya tunda. Kemudian, saya berniat untuk menyewakan kamar-kamar di unit Alesha tersebut. Kebetulan ada 4 kamar yang bisa disewa-sewakan.

Tapi ternyata teman saya melihat satu peluang lain, karena kami lihat memang kebanyakan unit-unit di Alesha ini difungsikan sebagai tempat kos atau temporary rental place semacam air bnb. Cukup banyak juga para penghuni yang tinggal disana, dan rata-rata memang usia nya masih muda. Kalau dilihat dari profilnya kebanyakan memang karyawan muda dan mahasiswa. Tak heran, karena di BSD City ada ratusan kantor dan 7 universitas terkemuka, yang mayoritas orang yang beraktivitas di sana pasti usianya muda.

depositphotos_8803246-stock-photo-asian-college-student
six-woman-standing-and-siting-inside-the-room-1181622

Di Alesha sendiri ada keunggulan yang sulit ditemukan di tempat lain. Alesha ini terdiri dari compound –compound, di mana 1 compound terdiri dari 8 unit. Di tengah compound tersebut ada kolam renang bersama, walaupun di beberapa compound kolam renang diganti dengan taman tengah. Setiap compound punya pintu masuk sendiri, jadi keamanan para penghuninya terjamin. Hal ini menyebabkan suasana di Alesha, tetap terkesan private dan tenang walaupun sebenarnya penghuninya cukup banyak.

Teman saya langsung berhitung, 1 compound ada 8 unit, masing masing penghuninya ada 4 orang, berarti kita sudah punya 28 calon pelanggan nih hanya dari tetangga 1 compound kita saja. Belum dari compound-compound sebelah. Ini sih market yang sangat menarik dan bisa banget menghasilkan. Belum lagi dari cluster–cluster lain yang lokasinya tidak jauh dari Alesha.

Kami pun mulai berhitung dan membuat rencana bisnis sederhana. Menurut pengalaman teman saya, untuk awal mungkin kami lebih fokus pada perawatan rambut dulu supaya lebih cepat perputaran tamunya, artinya uang juga berputar lebih cepat. Saya pikir iya juga sih, waktu untuk potong rambut atau cuci blow pasti lebih cepat daripada waktu untuk body treatment.

person-cutting-hair-3356170
person-washing-woman-s-hair-3993449
person-ironing-a-woman-s-hair-3738359

Untuk dekorasi, kami sangat terbantu dengan lingkungan Alesha yang sudah menarik dan warna warni. Setelah kami buka, memang di awal yang datang hanya tetangga-tetangga compound kami saja, tapi berkat kekuatan word of mouth dan instagram, lama-lama makin banyak pelanggan yang berdatangan. Ada yang memang tertarik karena sudah mendengar tentang kami dari temannya, ada juga yang datang karena penasaran dengan foto-foto kami di instagram. Ini salon kok suasana luarnya instagramable sekali, sehingga mereka penasaran ingin datang dan lihat.

Ssstt… kami sedang mengincar unit di sebelah untuk kami akuisisi, kami ingin merambah ke dunia beauty is pain alias waxing and threading. Siapa tau di Alesha ini adalah awal kami untuk membangun “our own beauty empire” .